SELAMAT DATANG DIBLOG INFORMASI DAN BERITA SEMOGA BERMANFAAT SELAMAT MENJALANKAN IBADAH SHOLAT SALAM PERSAHABATAN

Sabtu, 30 Maret 2013

PMC TENTARA BAYARAN

Private Millitary Company, disingkat PMC.



PMC mulai booming setelah usainya Perang Dingin USA-USSR pada tahun 1990-an, dimana banyak prajurit yang dipecat dari kedinasannya. Mereka bergabung mendirikan PMC. Pembaca mungkin hanya menganggap PMC tak ubahnya seperti bodyguard. Bukan. Mereka bukan sekedar bodyguard.

Sepak terjang PMC pertama yang heboh terjadi sekitar tahun 1994, dimana sebuah PMC bernama Executive Outcome disewa oleh pemerintah Angola untuk memberantas perlawanan oposisi di Angola. Tak cukup sampai disitu, PMC Executive Outcome juga merekrut 4-5 ribu milisi untuk merebut tambang permata di Sierra Leone. Masih berpikir PMC hanya sekedar bodyguard?

Memang, salah satu tugas PMC adalah untuk menjaga keselamatan orang-orang penting atau orang kaya. Contohnya PMC Blackwater yang menjaga para pejabat Amerika Serikat selama di Iraq.

Bahkan sebuah PMC dari China, Tianjiao Special Guard/Security Consultant Ltd. Co, merekrut perempuan-perempuan cantik untuk menjadi bodyguard.

Sekarang, PMC tidak hanya bekerja menggunakan mesiu dan peluru. PMC besar seperti Total Intelligence Solution (TIS) bahkan menyediakan jasa intelejen untuk kegiatan bisnis, sains serta sosial budaya. Ada yang sudah membaca cerpen “Gema Kudeta“? Pembunuhan terhadap presiden dalam cerpen itu hanya bisa dilakukan oleh PMC besar, dan untunglah itu hanya rekayasa cerita pendek belaka.

Nah kalo melihat ruang lingkup kerja TIS yang meliputi dunia bisnis, maka Indonesia adalah tempat uang benar-benar butuh bantuan PMC semacam TIS. Pasalnya, korupsi di Indonesia sudah sedemikian akut maka diperlukan misi intelejen untuk menjalankan bisnis di Indonesia. Akutnya korupsi ini bisa dibaca dalam tulisan tentang bagaimana pihak Inggris mengakui akutnya korupsi di Indonesia namun masih bisa ‘diatur’ alias ‘manageable’ di sini.

Indonesia adalah market yang sangat potensial. Bantuan dari PMC semacam TIS akan sangat membantu. Jadi tidak tertutup kemungkinan bahwa PMC besar sudah bermain di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar